Pjs Kades Pokus Pertumbuhan Ekonomi, Aktifkan Tanah Kas Desa

LEBONG, LSN – Desa Pelabai Kecamatan Tubei, pada zaman Pjs Kades saat ini mulai memikirkan ekonomi masyarakat desa. Seperti pada Selasa (09/05/2023) melaksanakan Titik nol untuk kegiatan pembangunan irigasi didesa, pembangunan irigasi tersebut untuk mengaktifkan tanah kas desa yang sudah lama pakum. Pada saat titik nol dihadiri Camat beserta rombongan, Kades beserta perangkat, BPD beserta anggota, Babinsa, Pendamping desa, Babinkamtibmas dan tamu undangan yang lainnya.

Diungkapkan Pjs Kades Sisvi Kartika bahwa, jadi desa Pelabai ini ada dua pisiknya, yakni ditahap pertama ini pembangunan Irigasi dan di tahap kedua pembangunan jalan usaha tani (JUT). Memfokuskan peningkatan hasil pertanian di desa, yaitu disektor persawahan dengan menyuplai pupuk, kemudian mengaktifkan tanah kas desa. Tanah kas desa Pelabai ini sudah ada sejak Tran Pelabai ada dulu yaitu sejak tahun 2008, kemudian pernah diaktifkan sebentar kemudian pakum karena kurangnya pengairan, irigasinya tidak memadai.
“Karena melihat kondisi seperti itu, kami berinisiatif untuk mengaktifkan kembali tanah kas desa tersebut, langkah awalnya membuat irigasi sebagai untuk pengairan,” ungkap Sisvi.

Ditambahkan Sisvi bahwa, harapannya dari hasil tanah kas desa tersebut akan dikelolah koperasi unit desa, dengan harapan desa Pelabai ini dapate jadi desa yang mandiri dengan memiliki pendapat didesa sendiri walaupun kecil.
“Insyaallah, kami tidak akan melakukan perubahan di tengah jalan,” tegas Sisvi.

Sementara itu, diungkapkan diungkapkan Camat Tubei Mawardi bahwa, jangan coba-coba merubah perencanaan di tengah jalan, karena ada aturannya. Tetapi ada pengecualian seperti ada bencana alam, kalau sudah direncanakan jangan dirubah lagi lokasinya. Kemudian pembangunan tersebut, tolong dibangun sesuai dengan perencanaan, misalnya tidak kurang volume.

“Kami tekankan jangan dipindahkan rencana pembangunan yang sudah di rencanakan,” singkat Camat. (Randes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *