Tingkatkan Akses Pertanian, Pemdes Tanjung Bungai 1 Bangun JUT

LEBONG, LSN – Pemerintah desa (Pemdes) Tanjung Bungai 1 Kecamatan Lebong Tengah Kabupaten Lebong, dengan menggunakan Dana desa yang disalurkan ke desa salah satu fisik yang di bangun yaitu Jalan Usaha Tani (JUT) di area perkebunan warga dengan panjang 450 Meter. Dalam pembangunan tersebut, pemerintah desa mengharapkan pembangunan dapat meningkatkan akses para petani perkebunan. Maka pada Selasa (30/05/2023) pagi dilaksanakan titik nol pembangunan, yang di hadiri oleh Kades beserta perangkat, BPD, pihak Kecamatan, pendamping desa, Babinkamtibmas, Babinsa.

Diungkapkan Kades Tanjung Bungai 1 Edi Munandar bahwa, fisik yang dibangun ditahap awal ini yaitu jalan usaha tani, yang mana selama ini jalan tersebut masih tanah. Selama ini kalau cuaca hujan, warga kita agak kesulitan membawa hasil panen kebunnya dikarena jalannya licin. Mudah-mudahan dengan pembangunan ini, bisa membantu dan mempermudah masyarakat petani baik itu mengangkut hasil panen atau yang lainnya yang berhubungan dengan pertanian.
“Pemerintah desa berharap, dengan dibangun JUT dapat meningkatkan akses pertanian kebun,” harap Edi.

Ditambahkan Edi, bahwa jalan tersebut baru pertama kali dibangun dengan menggunakan Dana desa yang disalurkan ke desa di tahap pertama ini membangun badan jalan saja, pembangunan JUT tersebut karena pembangunannya pertahap percairan.
“Ditahap pertama ini kita bangun badan jalannya, kemudian di pencairan tahap selanjutnya akan di lanjutkan,” ungkap Edi.

Kemudian katakan Edi selaku Kades mengatakan bahwa, dirinya merasa kasihan dengan warganya yang selama ini setiap satu Minggu sekali harus melaksanakan gotong royong memperbaiki jalan tersebut, maka di tahun ini dibangun jalan usaha tani. Pemerintah desa berharap kepada warga desa, agar selalu menjaga kualitas pembangunan dikarenakan bangun di desa yang memanfaatkan warga petani.
“Mudah-mudahan pembangunan ini bermanfaat bagi masyarakat petani perkebunan,” tutup Edi. (Randes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *