Tambang Batu Bara Ilegal Tumbuh Bak Jamur Di Benteng

TAMBANG BATU BATA LIAR TUMBUH BAK JAMUR DI BENTENG

BISNIS tambang ilegal batu bara terus jalan meski ada ancaman hukuman pidana, karena cukup menggiurkan.baik dari segi menambangnya mau pun angkutnya yang memiliki IPP.izin penjual dan pengangkut.digunakan bukan pada kontrak pemilik IUP nya.

Peneliti Jaringan Advokasi Tambang (Jatam), putra Simalungun menjelaskan kasus serupa tambang batubara ilegal tersebar di Desa desa yang ada dikabupaten Bengkulu Tengah seperti yang ada di lubuk unen,Kecamatan Semidang lagan desa kota niur.dan Komering kecamatan pagar jati serta
daerah lainnya yang tersebar dikabupaten Bengkulu Tengah.

Sementara itu, tambang ilegal di Kabupaten Bengkulu Tengah sudah beberapa kali ditangani polres Bengkulu Tengah.bahkan beberapa kali para pengepul dipanggil ke polres untuk diperiksa.bahkan sampai dipoles line namun sangat disayangi belum satu pun kasus tersebut naik ke pengadilan.mulai dari penangkapan mobil fusa yang membawa batu bara tersebut.terkait pemilik IPP nya .masih saja melenggang melakukan transaksi penjualan dengan para pengepul bati bara tersebut.yang dibawa ke luar provinsi Bengkulu misalnya ke Tangerang.bebera bulan lalu polres Bengkulu Tengah mengadakan penertiban terkait baru bara sungai.bahkan di polis line.tetap saja mereka diduga melobi pihak terkait agar kembali bisa beroperasi.

diharapkan kapolres Bengkulu Tengah bisa mengambil tindakan tegas dalam hal baru bara sungai dan tambang rakyat ini.

“Mereka tidak memiliki perizinan dan melanggar peraturan. Dan berdasarkan laporan dan kasus yang diterima, terjadi di kawasan lingkungan yang tidak boleh melakukan kegiatan penambangan. Bahkan di konsesi perusahaan yang sudah memiliki izin,” ujar salah satu pengiat tambang yang tidak mau disebutkan namanya.

“Untuk mengetahui batubara ilegal atau tidak, maka Inspektur tambang bisa cek RKB (Rencana Kegiatan Biaya) dalam setiap dokumen batubara bongkar muat dibengkulu tengah.darimana asalnya,” kata Dadang yang yang memahami akan tambang yang ada diprovinsi Bengkulu ini.(Edi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *