Tak Dapat Hantraktor, Pemdes Sukau Rajo Siap Sukseskan MT2

LEBONG, LSN – Tak dapat jatah pinjam pakai Hantraktor dari Pemerintah Daerah, Pemerintah desa (Pemdes) Sukau Rajo Kecamatan Amen siap mensukseskan turun tanam padi dua kali (MT2) tahun ini.

Seperti yang di ketahui, Hantraktor pinjam pakai tersebut di setiap desa yang ikut MT2 sudah dibagikan di beberapa hari yang lalu, sedangkan untuk desa Sukau Rajo tidak dapat satupun bantuan Hantraktor itu.

Pada Senin (08/05/2023) pagi, Pemdes Sukau Rajo dan  BPD melaksanakan Musdessus dan pelaksanaan musim tanam dua kali (MT2) yang dihadiri oleh Camat, Korlu dari Disperkan, Bhabinkamtibmas dan masyarakat tani yang ikut MT2.

Diwilayah Sukau Rajo saat ini sudah mulai melaksanakan pengerjaan pengolahan lahan persawahan dengan menggunakan Hantraktor yang lama.

Diungkapkan Pjs Sukau Rajo Iyan Nurmansyah SH bahwa, pemerintah desa siap mendukung para petani turun tanam padi dua kali, dalam pemerintahan desa akan memberikan Pupuk Urea Non Subsidi 3 Shak dan 1 Shak pupuk Ponska dan kemudian untuk bibit padi, racun rumput dan racun untuk penyemprotan tanaman padi.
“Kita dari Pemdes dan BPD siap mendukung para petani turun tanam padi dua kali,” tegasnya.

Ditambahkan Iyan bahwa, walaupun di desa Sukau Rajo belum mendapatkan Hantraktor dari Pemerintah Daerah, para petani jangan berkecil hati, pemerintah desa siap mentraktorkan lahan sawah petani atau pengolahan lahan. Kemudian dirinya mengatakan bahwa, operator pengolahan juga sekaligus menyemprotkan pematang petani, untuk racun dari desa.
“Untuk bibit, walaupun diajukan ke dinas Disperkan Alhamdulillah kalau dapat, kalaupun misalnya tidak dapat saya siap memberikan bibit kepada petani,” ungkap Iyan.

Sementara itu, diungkapkan Ketua BPD Tira Peronika bahwa, dari BPD sangat setuju dan mendukung turun tanam dua kali tahun ini. Dari BPD juga berharap kepada petani agar dapat mendukung program MT2 ini dan harapan dari BPD juga kepada para petani, bantuan yang di berikan dari Pemerintah Desa agar dapat dipergunakan dengan sebaik mungkin.
“Kami dari BPD sangat setuju program MT2 ini,” ungkap Tira.

Sementara itu, diungkapkan Camat Amen Reno Adedo SE bahwa, Alhamdulillah desa Sukau Rajo MT2 satu kelompok 25 hektar dan dari pemerintah daerah akan mendukung bibit dan pupuk satu Shak perhektar yang bisa di akomodir dan selanjutnya akan didukung oleh Pemerintah Desa.
“Mari kita sama-sama mendukung dan mensukseskan program MT2 ini untuk kesehatan masyarakat desa,” singkat Reno. (Randes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *