Pemdes Tabeak Dipoa Membangun Spal Dan Irigasi Tersier

LEBONG, LSN – Desa Tabeak Sipoa Kecamatan Lebong Sakti, dengan menggunakan anggaran Ketahanan Pangan membangun saluran Irigasi tersier yang berlokasi di dusun tiga dengan pagi anggaran senilai Rp 171 juta. Untuk memulai pelaksanaan pembangunan fisik tersebut, Pemerintah Desa (Pemdes) Tabeak Dipoa pada Jum’at (03/05/2024) melaksanakan Pra pelaksanaan pembangunan fisik dengan Dana Desa tahun anggaran 2024.

Diungkapkan Pjs Kades Tabeak Dipoa Fera Pratama Medayanti S.ST, bahwa dirinya menyampaikan bahwa dengan menggunakan dana desa tahap pertama ini, pihak Pemerintah Desa melaksanakan dan memanfaatkan dana yang telah disalurkan untuk pembangunan Sistem pembuangan air limbah (Spal) dengan panjang 425 meter.
“Dengan memanfaatkan dana desa tahap pertama ini, fisik yang kita bangun berdasarkan usulan masyarakat yaitu untuk pembangunan Sistem pembuangan air limbah (Spal) yang berlokasi di dusun dua dan dusun tiga,” jelasnya.

Kemudian dirinya menjelaskan bahwa, selain membangun Sistem pembuangan air limbah didesa, pemerintah desa juga membangun saluran irigasi tersier yang berlokasi didusun tiga. Pembangunan irigasi tersier tersebut dengan menggunakan dana Ketahanan pangan yang disalurkan ke desa. Pemerintah desa berharap, pembangunan yang dilakukan semoga tidak ada halangan apapun dan juga pembangunan yang sudah dibangun dirinya mengajak bersama-sama untuk menjaga dan merawat bersama.

“Irigasi tersier yang kita bangun didana ketahanan pangan dengan panjang 90 meter,” jelasnya.

Sementara itu, disampaikan Camat Lebong Sakti Sabirin bahwa, terkait dengan pembangunan di desa yang telah dilaksanakan titik nol tersebut, dirinya mengatakan bahwa dari pihak Kecamatan berharap pihak desa mengutamakan kualitas dan disamping menjaga kualitas disaat itu juga bisa berdampak langsung kepada masyarakat. Artinya, ketika Spal itu dibangun tetapi tidak melewati comberan yang ada itu tidak berguna atau tidak ada manfaatnya untuk masyarakat.
“Jangan sampai Spal yang dibangun mengakibatkan becek dihalaman rumah masyarakat,” singkatnya. (Randes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *