Pemdes Sungai Gerong Siap Sukseskan MT2, Titik Nol Dihadiri Wabup

LEBONG, LSN – Pemerintah desa Sungai Gerong melaksanakan Titik nol atau tanam perdana program MT2, yang di hadiri langsung oleh Wakil Bupati Lebong, Kades beserta perangkat, Kadis pertanian, TNI, Polri, BPD, Camat, Sekcam dan tamu undangan yang lainnya. Acara tersebut digelar pada Kamis (18/05/2023).

Diungkapkan Pjs Kades Sungai Gerong Bangun Jaya bahwa, di desa Sungai Gerong ini yang ikut mensukseskan musim tanam padi dua kali (MT2) tahun ini sebanyak 48 hektar, yang penggarap lahan persawahan berjumlah 50 orang. Pada hari ini yang merupakan titik nol untuk tanam perdana.

“Pemerintahan desa dan seluruh para petani siap mensukseskan program Bupati dan Wakil Bupati Lebong dalam pelaksanaan MT2 tahun ini,” ungkap Bangun Jaya.

Dijelaskan Bangun Jaya bahwa, pemerintah desa tidak hanya mensukseskan tanam saja tetapi akan mensukseskan panennya juga, tentunya dengan bimbingan dan support dari Pemerintah Daerah dalam rangka untuk meningkatkan indeks Produksi pertanian dan penunjang ketahanan pangan desa untuk menuju masyarakat bahagia dan sejahtera.

Dari 48 hektar tersebut, belum semuanya tergarap dikarenakan masih ada beberapa petani yang menunggu padi batet. Mungkin dalam beberapa hari kedepannya semua lahan persawahan yang ikut MT2 ini akan di garap semuanya, semoga dengan MT2 ini di desa Sungai Gerong akan berhasil.

Sementara itu, diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) Lebong Drs Fahrurrozi MPd bahwa, lahan persawahan di Kabupaten Lebong ini kalau bisa di manfaatkan dengan mensukseskan program MT2 ini, Pemerintah Daerah yakin tingkat kesejahteraan masyarakat Lebong akan meningkat. Kiat-kiat ini perlu dipahami bersama bahwa Pemerintah Daerah mempunyai kewajiban untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang pelakunya masyarakat yang hasilnya untuk masyarakat. Harapan dari Pemerintah Daerah ditahun 2024 mendatang, Lebong lebih banyak lagi hamparan yaitu kesadaran masyarakat dalam meningkatkan IP100 menjadi IP200.
“Alhamdulillah sudah dua tahun Pemda Lebong mengajak masyarakat tanam dua kali langsung Pemda Lebong melalui dinas Pertanian turun langsung mendampingi masyarakat, termasuk memberikan beberapa bantuan sesuai dengan anggaran yang ada di Pemerintahan Kabupaten Lebong,” ungkapnya.

Sementara itu, ditambahkan Kadis Disperkan Hedi Parindo SE bahwa, dasar dari pelaksanaan MT2 ini yaitu rencana pembangunan jangka panjang Kabupaten Lebong 2005 – 2025 sudah menempatkan perioritas di sektor pertanian, terutama sektor peningkatan indeks pertanaman tanaman padi. Program ini bukan program yang baru, dari 2005 sudah di uji coba sudah dilaksanakan akan tetapi belum bisa menunjukkan capaian yang maksimal.
“Sudah lima kali periode RPJMD hal ini dilakukan tetapi belum bisa maksimal,” ungkapnya.

Ditambahkan Camat Amen Reno Adedo bahwa, Pemerintah tidak mungkin bisa melaksanakan kegiatan program Kabupaten ini, tetapi dengan dukungan Pemerintahan Desa, BPD dan masyarakat desa sungai gerong insyaallah kedepannya akan sukses menuju Kabupaten Lebong bahagia dan sejahtera.
“Untuk masyarakat desa Sungai Gerong ini, saya ucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya,” singkatnya. (Randes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *