Ketahanan Pangan Tabeak Blau Bagikan Bibit Itik Hampir Semua KK Menerima

LEBONG, LSN – Dengan menggunakan dana ketahanan pangan, pemerintah desa Tabeak Blau Kecamatan Lebong Atas menyalurkan bantuan bibit unggas jenis itik kepada masyarakat desa. Bantuan bibit unggas tersebut, hampir semua KK menerima kecuali PNS dan Polri. Bantuan tersebut dibagikan pada Senin (22/05/2023), yang mana di masing-masing KK mendapatkan 3 ekor bibit itik untuk dikembangkan. Bantuan bibit itik tersebut, penerima dilarang menjualnya.

Diungkapkan Kades Tabeak Blau Maulana bahwa, dengan menggunakan Dana Desa 20 persen ketahanan pangan, menyalurkan bantuan bibit itik kepada masyarakat desa. Hampir seluruh KK yang ada didesa dibagikan, mulai dari dusun 1 sampai dengan dusun 3.

“390 KK telah telah menerima bantuan bibit unggas jenis itik dari pemerintah desa,” ungkap Maulana.

Dijelaskan Maulana selaku Kades bahwa, bantuan bibit itik tersebut PNS, Polri, tidak diberikan. Artinya hampir seluruh KK mendapatkan bantuan bibit unggas tersebut, dan ide bibit itik tersebut memang usulan dari masyarakat pada saat Musdessus dari ketiga dusun di desa.
“Ide ini dari masyarakat pada saat musyawarah,” ujar Maulana.

Dikatakan Maulana bahwa, bantuan bibit unggas yaitu itik tersebut tidak hanya itu saja, tetapi langsung diberikan pakannya juga. Satu itik mendapatkan bantuan pakan sebanyak satu kilogram, kalau tiga ekor itik diberikan 3 kilogram pakan.
“Kita juga memberikan bantuan pakannya kepada masyarakat,” kata Maulana.

Dirinya berharap kepada masyarakat yang mendapatkan bantuan bibit itik tersebut jangan dijual dan semoga bantuan bibit tersebut bermanfaat untuk masyarakat. Kemudian seandainya kalau bibit unggas tersebut mati misalnya terkena virus, diharapkan melaporkan kepada pemerintah desa.

“Surat kesehatan bibit unggas ini, ada dari peternakan bahwa barang ini sehat,” tutup Maulana. (Randes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *